Cara Memperbaiki Mesin Jahit Butterfly Manual

   Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin jahit manual Butterfly. Mesin jahit yang satu ini memang lebih banyak disukai karena harganya yang cukup terjangkau. Walaupun ada banyak orang yang menggunakannya, tidak semua pengguna mesin jahit ini mampu memperbaikinya jika terjadi kerusakan. Layaknya peralatan lain, banyak yang menggunakan namun hanya sebagian orang yang dapat memperbaikinya. Jika Anda juga menggunakan mesin jahit yang satu ini, cobalah untuk belajar memperbaikinya sendiri jika mengalami kerusakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung mencari tukang atau bantuan orang lain hanya untuk memperbaikinya.


Mesin jahit sendiri tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari jenis sampai brand. Untuk mesin jahit Butterfly sendiri tidak hanya tersedia dalam pilihan manual saja, ada juga yang portabel. Butterfly sendiri merupakan brand yang sangat populer di Indonesia. Banyak penjahit yang menggunakan mesin jahit ini. Mesin jahit Butterfly terkenal dengan kualitasnya yang cukup bagus serta ditawarkan dengan harga murah. Baik untuk mesin jahit manual ataupun mesin jahit portabel, harganya cukup terjangkau. Selain itu, mesin jahit Butterfly juga cukup mudah digunakan bahkan bagi para pemula.


Cara Memperbaiki Mesin Jahit Butterfly Manual


Berkat kelebihan-kelebihan yang dimiliki, mesin jahit Butterfly memang menjadi mesin jahit idaman masyarakat Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan bahwa pengguna mesin jahit Butterfly sangat banyak. Sayangnya penggunaan mesin jahit ini juga tidak terlepas dari kerusakan. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi kerusakan pada mesin jahit yang dapat Anda ketahui dan Cara Service Mesin Jahit Secara Benar adalah sebagai berikut :

* Benang jahitan sering putusJika benang jahitan atas sering putus maka pastikan putaran roda pada mesin tidak terbalik walau hanya sebentar saja. Selain itu pastikan juga jarum mesin jahitnya sudah dipasang secara tepat, jangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Pastikan juga Anda memasang nomor benang dan juga nomor jarum sesuai kain yang akan dijahit. Jika benang jahitan bawang yang sering putus, periksalah pemasangan spul benang di sekoci. Pastikan juga jalur benang bawang telah terpasang dengan benar melewati rumah sekoci.


* Jarum mudah patahJika jarum mudah patah sebaiknya cek apakah bahan yang dijahit sesuai dengan besar jarum. Bisa jadi bahan yang terjadi terlalu tebal sehingga jarum tidak kuat untuk menahannya. Atau dapat juga karena pemasangan jarum yang kurang tepat. Periksa juga apakah sekoci terbentuk jarum, hal tersebut juga dapat menyebabkan jarum mudah patah.


* Mesin berisik dan tidak lancarJika Anda memiliki mesin jahit yang berisik dan tidak lancar, bersihkan mesin jahit Anda dari serat-serat kain dan juga benang yang biasanya tertinggal di sekitar gigi mesin jahit. Gunakan kuas untuk hasil yang lebih bersih, bila perlu gunakan minyak pelumas pada penutup gigi.
Menjaga kebersihan mesin jahit Anda tentu menjadi hal penting karena dapat menyebabkan mesin tidak bekerja secara maksimal. Selain itu jangan lupa untuk memberi minyak pelumas untuk bagian-bagian mesin yang dapat menimbulkan gesekan ketika mesin jahit digunakan.



Related Posts:

5 Responses to "Cara Memperbaiki Mesin Jahit Butterfly Manual"

  1. Terus kalok mesinnya gk mau jalan itu kenapa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek bagian sekocinya barangkali ada benang2 yang menggumpal sehingga menghambat mesin tidak bisa jalan

      Delete
  2. Penyebab hasil jahitan tidak stabil karena apa ya ?

    ReplyDelete
  3. Penyebab hasil jahitan tidak stabil karena apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bu siti : Mungkin karna isi benang spulnya tidak rata, bisa juga karna ketegangan benang terlalu kencang atau terlalu kendor bu

      Delete